RSS

Fun Facts #1 – Pedang Goliat

20 Apr
Kita semua tentu tahu bahwa Daud mengalahkan Goliat dengan menggunakan umban dan batu. Daud tidak mengenakan baju jirah atau membawa pedang, tetapi maju dengan kuasa Allah Israel. Kita semua mendengar kisah hingga batu yang diumban Daud melesat tepat mengenai dahi Goliat dan menyebabkan Goliat kehilangan nyawanya. Bagi yang teliti membaca kisah yang tercantum dalam 1 Samuel 17 ini tentu mengetahui bahwa Daud kemudian mengambil pedang Goliat dan menggunakannya untuk memenggal kepala Goliat. Daud kemudian membawa kepala Goliat kembali ke Yerusalem tetapi meninggalkan pedangnya di medan perang (1 Samuel 17:51, 54).

Kelak pedang ini lalu dikumpulkan dan dibawa ke Nob dan ditaruh bersama-sama dengan Efod (baju yang dikenakan Harun dan para imam) di Rumah Allah.Setelah berpisah dari Yonatan, ketika Daud sedang melarikan diri dari Saul, secara “kebetulan” ia lalu tiba di Nob. Di sana, pedang Goliat yang dikalahkannya lalu akhirnya kembali kepadanya (1 Samuel 21:9) dan menemaninya dalam perjalanan panjangnya melarikan diri dari Saul dan membebaskan orang Israel dari orang Filistin.

Berapa banyak senjata hasil rampasan perang hari itu yang dibawa dan disimpan di Nob? Ternyata hanya pedang Goliat tersebut. Sungguh suatu “kebetulan” yang mengingatkan kita bahwa pada awal pelariannya, dalam kondisi lapar dan tidak bersenjata, ketika Daud memilih untuk datang terlebih dahulu ke Rumah Allah meski akhirnya hal ini membahayakan dirinya dan orang-orang di sekitarnya, maka Allah menghadiahi Daud dengan senjata terkuat yang disimbolkan dengan pedang Goliat tersebut. Suatu simbol bahwa di masa lalu, ketika seluruh Israel gemetar, ketika suara sombong Goliat menggelegar di langit Israel, maka seorang anak muda muncul dan berkata,

“Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu. Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah, dan supaya segenap jemaah ini tahu, bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan Tuhanlah pertempuran dan Iapun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami.”

Itulah senjata terkuat Daud. Itulah senjata terkuat orang percaya. Amin.

 

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on April 20, 2010 in It's A Short Life

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: