RSS

Fun Facts #2 – Keluarga Daud VS Keluarga Goliat

20 Apr

Fakta menarik lain adalah bahwa adik dan kerabat-kerabat Goliat dari Gat yang merupakan keturunan raksasa juga tewas oleh Daud dan orang-orangnya (2 Samuel 21:15-22; 1 Tawarikh 20:4-8).

Berdasarkan urutan kemunculan di kitab 1 Tawarikh, inilah pertempuran yang terjadi:

  1. Sibkhai, orang Husa, melawan Sipai atau Saf, salah seorang keturunan raksasa. Pertarungan dimenangkan oleh Sibkhai dan orang Filistin di Gezer ditundukkan.
  2. Elhanan bin Yair (Elhanan bin Yaare-Oregim) dari Betlehem (Kota Daud) menewaskan Lahmi Goliat, saudara dari Goliat, yang gagang tombaknya seperti pesa tukang tenun.
  3. Yonatan, keponakan Daud dari kakaknya, Simea, melawan salah satu keturunan raksasa yang memiliki enam jari pada masing-masing tangan dan kakinya (sehingga total berjumlah dua puluh empat). Keturunan raksasa tersebut melakukan kesalahan fatal dengan berani mengolok-olok orang Israel sehingga harus bernasib sama seperti Goliat, mati di tempat.
  4. Abisai, anak Zeruya, melawan Yisbi-Benob, seorang keturunan raksasa dengan tombak tembaga seberat tiga ratus syikal. Abisai meraih kemenangan mutlak walaupun Yisbi-Benob sempat mengira ia akan berhasil membunuh Daud. Kisah ini tercatat di kitab 2 Samuel.

2 Samuel 21:22 akhirnya mencatatkan kesimpulan cerita tersebut sebagai demikian, “Keempat orang ini termasuk keturunan raksasa di Gat; mereka tewas oleh tangan Daud dan oleh tangan orang-orangnya.”

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on April 20, 2010 in It's A Short Life

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: